3 Mitos Waktu Maghrib Mendekati, dari Larangan Keluar Tempat tinggal sampai Tidur

3 Mitos Waktu Maghrib Mendekati, dari Larangan Keluar Tempat tinggal sampai Tidur 


Tak tahu dari tempat mana mitos waktu maghribmenjelang mulai di kenal serta diakui oleh orang-orang Indonesia. Yang pasti, saat perubahan pada siang serta malam ini jadi satu sistem bertukarnya situasi dunia dari jelas jadi gelap. Maka dari itu ada juga situs (blog) lain yang menulis tentang penjelasan ilmiah mengenai sebagian mitos disaat magrib datang. 
Mengajarkan pengetahuan dan kecakapan hidup dengan cara turun temurun seperti belajar bercocok tanam, kesenian, budaya, dan dongeng serta narasi hantu jadi kebiasaan yang cukup menarik di Indonesia. Pasalnya dengan cara ini pengetahuan yang diserap oleh generasi penerus semakin lebih mendalam tinimbang teori yang dipelajari di bangku sekolah. Satu diantara narasi turun temurun yang sampai saat ini ada banyak diakui oleh orang-orang jawa yaitu mengenai sebagian mitos waktu mahgrib mendekati. Mengenai mitos yang sering kita dengar dari orangtua ataupun kakek serta nenek kita diantaranya seperti uraian berikut ini. 

1 Janganlah keluar 
Larangan keluar waktu maghrib benar-benar sangat fenomenal di Indonesia terlebih orang-orang jawa yang masihlah menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan nya. Hal semacam ini bisa kita tunjukkan dengan adanya banyak orang-orang jawa yang selekasnya masuk ke tempat tinggal disaat adzan magrib terdengar di telinga. Bahkan juga karena sangat hebohnya larangan ini banyak juga buku primbon yang mengulas secara detail mengenai larangan keluar disaat magrib tiba. Diluar itu orangtua dahulu juga sering menakut-nakuti anak dengan beragam jenis narasi misteri ataupun cerita menyeramkan seperti penampakan hantu, digondol wewe, ditampar genderuwo serta lain sebagainya waktu maghrib mendekati. Walau narasi ini belum dapat di pastikan kebenarannya dengan cara ilmiah tetapi jelas saja anak-anak dahulu kala termasuk juga saya cukup terkesan dengan narasi orangtua mengenai larangan keluar waktu maghrib tiba. 

2 Pamali tidur mendekati maghrib 
Jadi rutinitas baik bila kita dapat mengatur badan kita dengan disiplin. Tetapi janganlah sekali-kali membiasakan tidur mendekati maghrib lantaran menurut orangtua serta sebagian buku primbon rutinitas ini bakal mencemoohkakan kita dimasa depan. Bahkan juga ada sumber yang menyebutkan kalau bila seorang tidur waktu maghrib mendekati nantinya dianya bakal alami kegilaan. Saya sendiri sempat juga tertidur waktu adzan maghrib, dan  benar saja saat terbangun fikiran jadi linglung serta bingung dengan kondisi sekitaran. Bahkan juga saat itu saya terbangun sekitaran jam 1/2 tujuh malam serta bergegas mengambil seragam sekolah untuk selekasnya mandi serta pergi sekolah. Untung saja diingatkan sama bapak saya yang bertanya ingin kemana malam-malam begini, sesudah menerangkan apa sebagai fikiran saya akhrinya bapak saya kembali mengingatkan supaya tak tidur waktu mendekati maghrib. 
3 Mandi Waktu maghrib 
Larangan mandi saat maghrib atau senja terutama untuk seseorang wanita yang tengah hamil jadi satu diantara mitos waktu magrib mendekati. 

Konon seseorang wanita hamil yang mandi waktu senja datang nantinya kulit si buah hati bakal kemerah-merahan. Walau sebagian riset ilmiah membetulkan kalau ada kemungkinan rusaknya system syaraf bila kita sukai membiasakan mandi waktu senja mendekati tetapi belum ada pakar yang membetulkan bila mandi saat senja untuk wanita hamil terutama waktu adzan maghrib datang bikin kulit anaknya kelak bakal kemerah-merahan. Sekian 3 mitos waktu maghrib mendekati, dari larangan keluar sampai tidur sebagai kearifan budaya lokal Indonesia 
Mantra Ilmu Ajian Pengasihan pelet suku banjar Terbukti Nyata Secara praktis tanpa puasa